Selasa, 01 April 2014

PROSES PENGERINGAN GENTENG PRESS KOTAK

mungkin daerah lain akan menganggap proses pengeringan di perusahaan PG ADEM AYEM dianggap terlalu rumit. namun bagi kami rumit bukanlah merupakan masalah yang besar bagi kami. sebab hasil yang baik adalah dengan proses dari awal tengah dan akhir yang baik pula.
poin proses pengeringan ini adalah proses awal setelah pencetakan gendeng hingga genteng tersebut benar-benar kering seara maksimal dan siap untuk menuju proses finishing yaitu pembakaran genteng.
artikel ini sebatas hanya sampel saja, semua jenis genteng di PG ADEM AYEM semua sama prosesnya. mungkin perbedaan sedikit pada fase pencetakannya. karena pencetakan genteng ada yang menggunakan tampan (kayu untuk menopang genteng) dan ada yang menggunakan gladakan (pring untuk menopang genteng).
1. genteng yang baru saja di cetak di biarkan dlu agak mengeras. bila musim penghujan membutuhkan waktu sehari semalam dan jika kemarau 6 jam saja.
gambar diatas adalag genteng yang masih basah


2. setelah agak mengeras,proses kedua adalah di wali'i (di balik menggunakan alat pencetak). menggunakan alat pencetak berfungsi agar cetakan genteng tetap posisi genteng tetap pada bentuknya. terkadang terkena angin bagian pojok agak membengkong, faktor pas meletakkan dan lain sebagainya.
3. setelah di wali'i selanjutnya di biarkan dlu jika kemarau sekitar 6 jam dan jika musim penghujan satu hari
proses diatas berfungsi agar bagian bawah genteng agak mengeras. dan di letakkan di tempat yang sejuk. di jauhkan dari sinar matahai dan angin kencang sebab bisa membengkokkan bentuk genteng
4. setelah bawah mengering, proses selanjutnya adalah di tempatkan di pinggir lokasi genteng. lokasi ini berfungsi untuk mempercepat pengeringan bagian pinggir-pinggir tubuh genteng. tempat ini mendapat angin yang cukup namun belum siap untuk terkena sinar matahari.
5. proses selanjutnya adalah di gantang (di keringkan yang lebih cepat terkena angin). proses gantang ini lebih cepat mengering baik dari pinggir-pinggir genteng maupun tubuh tengahnya. pada fase ini jika di lihat genteng seperti sudah kering, namun sebenarnya belum, karena yang kering masih luarnya saja. perlu fase terakhir yaitu pengeringan di bawah sinar matahari
6. proses terakhir adalah pengeringan dibawah matahari. jika musim kemarau sangat mudah prosesnya. jika musim penghujan maka membutuhkan alas dibawahnya dan di kasih atap juga. jadi sewaktu-waktu terkena hujan gentengnya tetap aman terlindungi. waktunyapun jika musim penghujan satu sampai tiga hari. jika kemarau satu hari saja sudah benar-benar kering sempurna.

<<<proseS yanG baguS akaN menghasilkaN yanG baguS daN berkualitaS>>>


S........E........M........O........G........A 
B........E........R........M........A........N........F........A........A........T

Tidak ada komentar:

Posting Komentar