Minggu, 06 Juli 2014

TAMPAN GENTENG PRESS BULAT YANG BERKUALITAS

pada kesempatan kali ini, akan kami tampilkan tampan (kayu penopang ketika pencetakan genteng kondisi masih basah) untuk genteng press bulat.
perlu kita ketahui bahwa ketika pencetakan genteng merupakan berasal dari tanah liat yang sudah diolah dalam kondisi basah. untuk itu tampan merupakan penopang genteng berfungsi sangat vital terhadap kualitas dari genteng tersebut. dalam kondisi basah sangat memungkinkan terhadap situasi dan kondisi yang menyebabkan genteng tersebut molet (tidak simetris). 


penyebab molet diantaranya karena faktor cuaca semisal angin, panas dan kurang teduh. ketika terjadi molet tersebut maka sudah barang tentu genteng tersebut harus di sortir untuk dibuang tidak dilanjutkan pada tahapan poroses pengeringan selanjutnya. maka dari itu tampan merupakan hal pokok dalam pembuatan genteng.
dalam satu cetakan menghasilkan satu genteng dan satu genteng membutuhkan tampan satu. setelah setengah kering barulah genteng ini di lepas dari tampanya.
pemilihan bahan pembuatan tampan ini juga harus teliti. kayu yang benar-benar lurus tidak gampang molet. semisal kayu pinus.
gambar diatas tumpukan tampan yang siap untuk dijadikan penopang genteng
nah, inilah bentuk fungsi tampan sebagai penopang genteng dalam kondisi basah.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar