Minggu, 08 Maret 2015

GENTENG SUMPRING/ KLONTHOK/ DEBOK reng 23

jenis genteng: genteng sumpring
berat: +/-  1 kg
reng: 22,5 / 23

memperkenalkan, satu lagi jenis genteng era tahun 1980an, yang dulu satu-satunya genteng sebagai atap rumah penduduk indonesia. genteng ini dinamakan sebagai genteng klontok, adalagi yang mengatakan genteng debok adalagi genteng sumpring dan masih banyak lagi. membicarakan nama biarlah, tidak begitu penting. kami mengambil jalan pintas dengan nama dengan genteng sumpring saja.




sama-sama nama dengan jenis genteng lama tempo dulu, akan tetapi untuk genteng jenis sekarang tentunya sangat berbeda. mulai dari bahan, pemrosesan, finishing bahkan pembakaran.
dar bahan terlebih dahulu, genteng jenis sumpring ini bahannya sudah modern. yaitu sama dengan semua jenis era modern ini yaitu dengan tanah liat yang di olah dengan teknologi hingga menghasilkan tanah liat yang padat dan berkualitas. kemudia dari segi proses pembuatan, genteng ini sudah menggunakan mesin pencetak. yang tidak manual dengan kayu seperti tempo dahulu. pengeringan dan bahkan pembakaran pun sama. untuk ukuran jika genteng sumpring lama karena
manual mesin kayu ukurannya pun macam-macam, ada yang reng 18, 19, 20, 21 dan 22. untuk jenis sumpring yang sekarang memiliki reng 23 atau 22,5.
berdirinya jenis genteng ini di tengah-tengah masyarakat adalah dengan tetap bertahannya para peminat jenis genteng sumpring ini, padahal jenis genteng ini sudah punah. dengan beragai latar belakang dan dedikasi maka dibuat kembali jenis genteng sumpring ini dengan mesin pencetak layaknya jenis genteng sekarang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar