Kamis, 19 Juni 2014

BATU BATA RIGI

jenis: batu bata rigi


terlihat aneh memang. jangankan anda, tetangga desa pun banyak yang tidak mengetahui apa itu batu bata rigi itu. sebab yang kita ketahui bahwa batu bata ya batu bata bukan rigi atau apa. nah disinilah perbedaan yang perlu anda simak dan anda lirik untuk mengetahui lebih dalam apa sih batu bata rigi itu?


memperkenalkan, batu bata rigi. sebenarnya batu bata rigi dengan batu bata yang ada di sekitar anda sama saja. dari bentuk sama. dari jenis sama. dari bahanpun juga memiliki kesamaan. akan tetapi bahan dari daerah kami memiliki banyak keunggulan yaitu tanah yang mengandung "tanah liat". tentu otomatis sama-sama batu bata biasa pasti memiliki kekuatan yang berbeda.
pada fase awal tentu tidak usah kami jelaskan. lantas perbedaannya pada bagian mana?
baik akan kita kupas terkait batu bata rigi ini. pada fase pembakaran, batu bata rigi berbeda dengan batu bata biasa. kalau batu bata biasa pembakaran ditata dengan menumpuk dalam jumlah yang besar.sedangkan batu bata rigi ini sebenarnya hanya sebagai tlemek (penopang genteng) saat pembakaran. letak batu bata rigi ini di bawahnya genteng diatas api di dalam kombongan pembakaran.
jumlah pembakaran juga beda dengan batu bata biasa. kalau batu bata biasa bisa 20.000 sekali pembakaran, sedangkan batu bata rigi untuk kombongan kecil hanya bisa muat sekitar 200-300 batu bata. dan untuk kombongan besar sekitar 300-500 batu bata.
kelebihan mencolok dari batu bata ini sangat jelas. kalau batu bata biasa pembakaran sewajarnya, matang juga sewajarnya batu bata. akan tetapi jika batu bata rigi ini karena sebagai tlemek dari pembakaran genteng yang panasnya mencapai ratusan derajat celcius maka batu bata ini matang diatas matang. jadi anda ketika melihat batu bata rigi banyak yang gosong-gosong banhkan luluh (kematangan) dalam pembakaran.
kelebihan lain sangat luar biasa kekuatan dari batu bata rigi ini. karena pembakaran yang sangat, maka batu bata ini sangat keras, bahkan sering batu bata ini hanya di lempar-lemparkan karena kekuatannya.
lantas, kalau hanya 500 tentu tidak mencukupi untuk satu rumah? benar, biasanya kegunaan batu bata rigi ini untuk pagar rumah, untuk dinding rumah depan agar kokoh dan kuat. bahkan ada seorang pembeli nekat pada tahun 2010 kemarin, beliau telaten mengumpulkan batu bata rigi hingga terkumpul untuk satu rumah besarnya. waktu pengumpulan tidak sebentar, sekitar setahunan. luar biasa.
untuk harga yang ditawarkanpun juga tidak mencolok, harga batu bata rigi ini hanya jeda 50-100an ribu diatas batu bata biasa.
ingin tahu lebih dalam terkait PG ADEM AYEM ? simak terus keberadaan kami.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar